Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » Macam Macam Komponen Elektronika


Speaker

Speaker ini adalah komponen elektronika yang bertugas mengubah aliran listrik menjadi getaran, dan getaran itu jika keras maka akan sampai ke telinga kita.

Speaker mempunyai banyak ukuran mulai dari yang terkecil sampai yang paling besar. Ukurannya ialah satuan inchi dan mempunyai nilai tahanan yang bermacam-macam pula. Misalkan speaker ukuran 10 inci dan 8 ohm.

Kondensator atau Kapasitor

Kondensator ini terdapat bermacam-macam jenis diantaranya adalah kondensator plastik, kondensator kertas, kondensator, keramik kondensator Elco, kondensator tatalum, kondensator oil dan sebagainya. Namun yang umum dipergunakan dalam perakitan sederhana ialah kondensator Elco dan keramik fungsi komponen yang dinamakan kondensator ini adalah menyimpan tenaga listrik dari aliran baterai untuk beberapa saat. Kemampuan menyimpan sementara itu pada umumnya dinyatakan dalam satuan farad (F) Adapun tingkatan tingkatan satuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. 1F = 1000000 mF
2. 1mF = 1000 nF
3. 1nF = 1000 pF

Potensiometer

Potensio ini biasa digunakan untuk membesarkan dan mengecilkan suara. Misalkan di radio Anda, Anda bisa membesarkan suara dan mengecilkannya dengan hanya memutar potensiometer. Biasanya potensiometer ini disambung dengan saklar yang mematikan dan menghidupkan mesin elektronik. Komponen yang demikian ini pada umumnya disebut juga dengan saklar putar. Tapi dalam skema kita hanya mengenal potensiometer saja. Potensiometer ada yang diputar dan ada yang digeser.

Transistor

Transistor adalah komponen elektronik yang mempunyai 3 kaki sebelum melakukan praktek perakitan pesawat maka yang perlu Anda pahami adalah mengenal nama-nama ketika kaki tersebut sebab salah menempatkan atau memasang kaki maka kita akan gagal dalam perakitan tersebut menurut tugasnya transistor dibagi menjadi dua bagian yakni transistor jenis PNP dan jenis NPN.

Resistor

Resistor atau sering disebut sebagai tahiland fungsinya adalah menahan arus listrik dan hasilnya mengalirkan suara yang dihasilkan dari beberapa komponen. Resistor mempunyai dua kaki bodinya gelang-gelang cat dan mempunyai warna yang berbeda-beda warna-warna pada gelang body inilah yang merupakan bagian kode ukuran kekuatan hambat. Cara membaca ukuran hambatan melalui warna ini adalah sebagai berikut

Coming soon

Kapasitor Variabel

Kondensator ini penggunaannya dapat diubah-ubah. Dalam radio penerima  transistor fungsinya adalah mencari frekuensi pemancar yang Anda kehendaki. Konduktornya disusun secara berlapis-lapis berupa lempengan plat. Ukuran atau kapasitas yang ada biasanya 0-25 pF atau 0-500 pF.

Spul

Spul sering pula disebut dengan kumparan kawat email. Komponen ini bisa dibuat sendiri atau membeli di toko onderdil elektronika. Spul ferit yakni kumparan yang melilit pada Batang ferit pada radio dan spul oscillator adalah lilitan kawat email yang terdapat pada komponen oscillator.

Transformator atau Trafo

Trafo adalah kumparan spul yang dilengkapi dengan lempengan-lempengan. Bentuknya biasanya mempunyai banyak kaki dan gulungan emailnya terdiri dari gulungan sekunder dan gulungan primer. Transistor biasa digunakan untuk power supply.

Dioda

Dioda adalah komponen yang terdiri dari elektroda elektroda yang disebut katoda dan anoda. Fungsi komponen yang satu ini dapat dijadikan sebagai pengaman arus yang terbalik dan untuk peredam. Bentuk dioda bermacam-macam ada yang berbentuk silindris, bundar pipih, dan bentuk peluru. Ingat anoda dan katoda bukan Min Plus ataupun positif negatif.

Sekian postingan kali ini jika ada yang kurang atau ada pertanyaan silahkan berkomentar.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply