Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » Cara Setting Duplex Repeater RPU HT Baofeng UV-82 UV-5R

Baofeng UV-82

Duplex adalah salah satu fitur di HT Baofeng untuk bisa menyambungkan ke repeater atau RPU (Radio Pancar Ulang) di daerah anda. Baik itu RPU RAPI, ORARI, atau RPU paguyuban daerah. Ikuti cara di bawah ini!

1. Anda harus masuk ke mode VFO atau mode frekuensi caranya jika HT anda UV-5R tinggal pencet tombol VFO, jika UV-82 anda harus mematikannya terlebih dahulu lalu pencet tombol MENU sambil memutar knop dan menyalakan HT tunggu sesaat sampai melewati tulisan WELCOME lalu lepaskan tombol MENU
2. Masukkan frekuensi TX RPU misal RX RPU RAPI Nganjuk 143.100
3. Pencet MENU
4. Pilih MEM-CH
5. Pencet MENU
6. Pilih channel kosong yang ingin anda gunakan sebagai channel RPU
7. Pencet MENU lagi
Jika berhasil speaker akan berbunyi "Receiving Memory"
8. Lalu pencet EXIT/AB

Selanjutnya adalah mengatur RX RPU

9. Masukkan frekuensi RX RPU misal RX RPU RAPI Nganjuk 140.730
10. Pencet MENU
11. Pilih MEM-CH
12. Pencet MENU
13. Pilih channel yang sama seperti yang anda pilih waktu mengatur TX RPU
14. Pencet MENU
Jika berhasil speaker akan berbunyi "Transmitting Memory"
15. Pencet tombol EXIT/AB

Jika sudah silahkan masuk ke mode CHANNEL lagi, jika UV-5R pencet tobol VFO, dan jika UV-82 anda harus mematikannya terlebih dahulu lalu pencet tombol MENU sambil memutar knop dan menyalakan HT tunggu sesaat sampai melewati tulisan WELCOME lalu lepaskan tombol MENU.

Mode Duplex siap digunakan.

Video menyusul.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

45 Komentar:

  1. Gan, salam kenal dr saya Hadi. Sy mau bertanya tentang mslah kita mengetahui RPU RAPI atau organisasi yang lainnya itu. Apakah kita harus gabung dulu di organisasi tersebut. Atau cukup bertanya dengan teman yang sdh gabung di organisasi itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung daerahnya om. Kalau daerah saya menerima briker dari non organisasi. Kalau kata teman yang ada di salah satu kota di Jawa Barat, kalau masuk RPU organisasi diusir disuruh meninggalkan channel.

      Hapus
  2. Mas satria aku mau tanya nih...aku sdh ikuti cara menyambungkan Ht Spc sh20 ke sh 10(Cara sama dg boefeng ke sh 10)...yg mau sy tanya cara seting jarak sh 20 agar jangkauan max,karna 1km nda bs antara sh20 & sh10,padahal waktu pake sh10&sh10 nyaman nyaman saja....thank,s

    BalasHapus
  3. Om..saya main di frequensy 134.160 mhz..ingin duplex ke repeter dikota padang frequensy 146.260 +600

    Yg harus kita save dulu freq 146.160 atau freq. Repeternya.

    Untuk selisihnya frequensy itu berapa om buat di isi di ht.

    Thank atas kesedianya menjawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting RX HT di 146.260 MHz
      Lalu setting TX HT di 152.260 MHz

      Hapus
  4. Mas sya baru bli ht Baofeng UV -82 pas saya hidupkan hanya keluar layar biru aja di LCD monitor,kenapa yah kira2 mas...apakah perlu di setting lagi...?

    BalasHapus
  5. Mas sya baru bli ht Baofeng UV -82 pas saya hidupkan hanya keluar layar biru aja di LCD monitor,kenapa yah kira2 mas...apakah perlu di setting lagi...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kemungkinan mas.
      Bisa baterainya yang minta ganti.
      Atau malah LCDnya yang rusak.

      Hapus
  6. Mas saya mau nanya untuk setting frekuensi berapa agar tidak ada ht/radio lain masuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak mas. Biasanya UHF 450 MHz ke atas lumayan sepi.

      Hapus
  7. Bos aku mau tanya, ht saya uv-82 kalao pake anten telex kok yg bisa saya tangakap suaranya hanya beberapa saja, itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antena telex kurang cocok untuk HT Baofeng karena menggunakan sistem konslet atau elemen atas tersambung ke ground.
      Silahkan coba Antena dipole yang tidak mengunakan sistem konslet dijamin HT anda tidak budeg lagi.
      Jika bingung dengan skemanya bisa pesan di saya.

      Hapus
  8. mas.. cara setting duplex spc sh20 bgaimana ya?

    BalasHapus
  9. Cara menentukan duplek gmn om

    BalasHapus
    Balasan
    1. TX - RX = Duplex
      Misal RPU Nganjuk
      140.730 - 143.100 = (-2.370)

      Hapus
  10. Hello bosku..mau tanya ni...apakah ht original/masih baru ...itu harus di otak atik pengaturanya atau cukub bawaan pabrik saja biar bisa ngebrik..suwoon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga karyawanku.. mau jawab ni.. 😂 tergantung kebutuhan. Kalau ingi ngebrik dengan radio jauh jauh disetting dulu w/n dan power outputnya.

      Hapus
    2. kalau masalah jarak bagusan Narrow apa wide ?

      Hapus
  11. Asalamu alaikum bos mau tanya klu ht baofeng A 58 PRO untuk jarak 150/ antar pulau kmi pakai antena merek apa bos waasslm

    BalasHapus
  12. Hallo selamat malam Om Satria..salam sejahtera untuk kita semua..maaf saya baru beli HT baofeng uv 82,tapi gk ngerti satu apa pun tentang ht..sudah coba kotak aTIK frekuensi tapi gk Ad yg berhasil.. posisi saya DI PALEMBANG KOTA.mohon kali ada teman yg bisa bantu untuk seting atw info kan frekuensi yg bisa sy gunakan di Palembang.

    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum mas satria,

    Saya ada beli boefang UV 82, yang saya mau tanyakan, saya kan sudah set manual ke RPU 434.340 (RPU UHF Banjarmasin Damkar) Gimana caranya ya mas, soalnya saya ga bisa masuk denger dichanel itu. Apa ada TX - RX yang meski di settting dulu ya mas?

    Mohon panduan dan bantuannya sampean mas via email atau wa mas Hhehehe Terima kasih sebelumnya

    Dari Budianto Kota Banjarmasin.
    email ; budi.anto.bjm@gmail.com
    whatapps ; 085752213648

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan frekuensi RX dan TX tidak terbalik

      Hapus
  14. Rx 458865
    Tx 442365
    Tone 103.5
    Itu hasilny gmn mas?

    BalasHapus
  15. Pak,sya mau tanya...bagaimana cara mengconnectkan baofeng uv 5re dengan spc sh20??

    BalasHapus
  16. Mas.saya main di 170765 itu rx nya, dari mana saya tau tx nya,tkx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak tau pak. Itu frekuensi apa?

      Hapus
  17. untuk freq bandar lmpung brpa ya mas

    BalasHapus
  18. kak izin tanya klau kita di daerah proyek ini jarak antara kantor A ke kantor B itu agak jauh bagusnya atur frekkuensi yg bagaimana yah biar jelas nerima pesannya

    BalasHapus
  19. Mohon penjelasannya bagaimana ht uv82 apa bisa langsung dipakai tanpa di setting ulang

    BalasHapus
  20. Izin bertanya uv82&uv9re plus utk duplek singkatan RX dan TX apa di menu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duplex biasanya digunakan untuk selisih RX dan TX

      Hapus
  21. Selamat mlm mas mau tanya ni untuk seting ht spc sh 20 untuk koneksi kan ke baopeng uv5 itu gmna mohon infonya

    BalasHapus
  22. mas ht saya bisa nampung suara, tpi kalau saya bicara freq lain ga kedengeran... itu kndala apa mas... untuk wilayah indramayu jawa barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kemungkinan. Satu HT anda tidak mampu transmit karena lawan terlalu jauh. Ke dua HT lawan menggunakan antena yang tidak cocok jadi cenderung budeg

      Hapus
  23. Mas satria sAya mau tanya cara duplek HT boefeng 82 sih gimana d kota Cilacap

    BalasHapus