Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » » » Cara Mengatasi Televisi Yang Kadang Kadang Jernih Terkadang Burek

Televisi adalah perangkat untuk menonton acara yang disajikan oleh perusahaan media melalui frekuensi radio kita bisa mendengar suara dan gambar yang dikeluarkan oleh televisi itu sendiri. Saya yakin jika anda melihat postingan ini pasti anda punya televisi. Walaupun bukan termasuk kebutuhan pokok, televisi sudah seperti kebutuhan yang wajib bagi manusia millenial atau zaman modern ini.

Disaat pulang kerja atau jam istirahat dan sedang di ruang tamu saya yakin anda sedang menonton televisi bersama keluarga anda. Lain lagi jika anda anak kos jones pula hehehe... Namun disaat anda sedang penat dan ingin leyeh leyeh menonton televisi tiba tiba ada salah satu channel televisi yang burek atau banyak noise ataupun layar kesemutan bintik bintik hitam putih.

Di postingan ini saya akan memberitahu tentang cara memperbaiki televisi anda. Caranya cukup sederhana tidak perlu bongkar bongkar casing dan tak wajib memiliki keahlian solder menyolder.

Pertama

Pilih antena dengan kualitas bagus. Tak perlu mahal mahal. Anda hanya perlu mengetahui ciri ciri antena yang bagus itu seperti apa. 

Antena yang saya pakai 90% bening walau di dalam rumah

Ciri ciri: 

1. Tidak banyak material plastik, kalaupun ada itu hanya pada bagian tutup sambungan kabel dengan elemen antena
2. Berbahan dasar aluminium bukan besi, karena besi mudah berkarat jika tidak dilapisi cat galvanis, aluminium lebih tahan karat
3. Memiliki reflektor berbentuk V bukan setengah bulat
4. Tidak mempunyai bobot yang terlalu berat.

Selain antena, tiang penyangga antena juga harus kuat. Tidak boleh lentur karena bisa mengubah posisi atau arah antena. Buatlah pondasi yang cukup dalam ke tanah tancapkan agar tiang tidak mudah memutar arah.

Pilih juga kabel koaksial dengan tipe RG-6 dengan resistensi atau hambatan sebesar 75 ohm karena kabel tersebut sangat cocok untuk media penghantar gambar.

Kedua

Arahkan antena pada gunung yang biasanya dibuat untuk pusat pemancar televisi.

Ketiga

Gunakan boster televisi agar sinyal yang diterima dilipat gandakan untuk selanjutnya akan dikirim ke pesawat televisi.

Booster TV VHF & UHF

Trafo boster TV

Keempat

Keempat sekaligus yang terakhir. Jika televisi belum ada perubahan coba ukur listrik di rumah anda sendiri dengan multi tester atau avo meter. Bisa jadi tegangan listrik anda sedang tidak stabil. Jika anda ukur dibawah 220 volt mesin televisi akan kekurangan daya penerimaan yang berimbas ke kualitas gambar yang menurun.

SOLUSInya... Gunakan stabilizer listrik yang terbuat dari kapasitor 50mF/400v lalu pasanglah ke kabel listrik anda. Selain stabilizer anda bisa memakai stavol yang juga berguna menstabilkan listrik agar tetap berada di 220 volt.

Sekian solusi pada hari ini silahkan tulis di komentar jika ada pertanyaan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 Komentar:

  1. Hallo min .. saya mau tanya .. kenapa ya saluram chnel tv setelah saya program lagi .. kadang jernih terus tiba2 jelek banget .. permasalahan nya dmna min ? Mohon pencerahannya ..

    BalasHapus
  2. Kadang bagus kadang jelek gambarnya .. giliran kabel konektor yg ke booster di puter bagus terus jelek lgi .

    BalasHapus