Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » Tips Membeli HT Bekas



HT adalah alat komunikasi yang tergolong efisien karena tidak menggunakan pulsa seperti telepon gengggam. Menggunakan HT 5 watt anda sudah bisa berkomunikasi dengan lawan hingga jarak 5 KM jika tanpa halangan. Bahkan anda bisa berbicara dengan teman anda yang berjarak 100 km hanya dengan menyambungkan HT anda ke RPU.

Untuk anda yang belum memiliki uang lebih untuk membeli HT Baru atau di daerah anda tidak ada toko HT, jangan takut untuk membeli HT Bekas. Kali ini saya akan membagi tips untuk membeli HT bekas.

LANGKAH PERTAMA


Cari iklan jual HT di marketplace Facebook, atau di group facebook, dan di e-commerse lainnya misalnya OLX. Cari yang sekiranya masih terlihat bagus dan sesuai dengan dana anda. Hubungi penjual dan atur jadwal pertemuan anda dan penjual.

LANGKAH KEDUA


Usahakan anda menemui penjual di rumahnya karena selain anda bisa komplain jika terjadi masalah pada HT yang anda beli, anda bisa mampir untuk bertanya tentang HT yang telah anda beli.

LANGKAH KETIGA


Siapkan multi tester atau avometer untuk mengecek baterai apakah dalam kondisi normal atau sudah tidak layak pakai. Tempelkan jarum multitester pada plat yang tertempel di baterai HT. Yang perlu diperhatikan saat mengecek baterai adalah voltase baterai. Apakah voltase sesuai dengan yang tertulis di stiker yang tertempel di baterai? Misalkan saya mengecek baterai HT Baofeng UV82 yang tertulis di stiker sebesar 7,4 volt. 7,4 volt tersebut adalah kebuthuhan tegangan yang harus dipenuhi agar HT tersebut bisa berfungsi dengan maksimal. Jika baterai full baterai tersebut bisa saja memiliki tegangan 7,8 volt. Dan  jika baterai sedang lemah, mungkin baterai tersebut hanya bisa mengeluarkan 7 volt. Putar multitester pada skala 20 volt, lepas baterai dari HT, tempelkan jarum multitester ke plat yang tertempel pada baterai HT, perhatikan LCD multitester apakah menunjukan voltase yang sesuai dengan spesifikasi HT atau paling tidak mendekati. 


Kalau terlalu jauh misalkan anda menemui voltasenya hanya sebesar 5 sampai 6 volt atau sebesar 8 volt ke atas sangat disarankan untuk tidak membeli HT tersebut. Jika terlalu kecil, pancaran HT tidak akan bisa maksimal, dan jika terlalu besar, akan beresiko merusak komponen yang ada di dalam HT tersebut.

LANGKAH KEEMPAT


Siapkan power meter untuk memeriksa watt yang mampu dikeluarkan oleh HT tersebut. Apakah watt yang keluar sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertulis? Perlu ditegaskan bahwa power HT tidak selamanya sesuai dengan yang tertulis di spesifikasi, dan sangat tergantung pada frekuensi yang anda gunakan, jika yang tertulis 5 watt bisa saja yang dikeluarkan hanya 3 watt atau bisa melebihi spesifikasi hingga 7 watt. Jika anda tidak memiliki power meter untuk memeriksa output watt pada HT. Cara sederhana yang sering saya gunakan untuk berburu HT, adalah memanfaatkan pesawat televisi atau perangkat sound system yang dimiliki oleh penjual. Inilah alasan mengapa saya sarankan untuk transaksi di rumah penjual. Mintalah penjual agar menyalakan televisi, lalu dekatkan HT anda ke televisi setelah itu tekan tombol PTT. Jika anda merasakan atau melihat gangguan pada televisi tersebut maka HT tersebut masih keluar watt. 

Sama halnya jika anda menggunakan speaker aktif, mintalah penjual untuk menyalakan speaker aktif dan dekatkan sambil memencet tombol PTT. 


Jika terjadi gangguan maka HT tersebut masih mengeluarkan power. Namun yang perlu dicurigai adalah jika HT tersebut tidak mengeluarkan power sama sekali. Bisa jadi transistor final pada HT tersebut sudah jebol karena kesalahan pemakaian oleh penjual.

LANGKAH TERAKHIR

Tanyakan soal jaminan atau garansi yang berani diberikan oleh penjual atau kartu garansi dari distributor. Dan cek semua aksesoris yang tersedia. Yang terakhir adalah bernegosiasi soal harga.

Sekian tips dari saya. Jadilah pembeli yang baik, jangan menawar barang dengan harga di bawah pasaran. Kalau pun anda mendapat barang dengan harga di bawah pasaran, bisa saja barang tersebut ada yang bermasalah. Terima kasih.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply