Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » Cara Membuat RPU Repeater VHF UHF Sederhana

RPU atau Radio Pancar Ulang atau Repeater berguna untuk memancarkan ulang sinyal radio yang terhalang oleh bukit, pepohonan, dan bangunan. Tanpa repeater jarak jangkauan perangkat radio kita tidak akan bisa jauh. Cara kerja RPU adalah menerima sinyal radio yang dipancarkan oleh radio A dan dipancarkan kembali melalui frekuensi yang berbeda sehingga terdengar di radio B yang jauh dari radio A.

Cara Kerja RPU
Biasanya RPU diletakkan di daerah yang tidak terhalang pepohonan dan gedung gedung sehingga sinyal yang dipancarkan bisa loss. Biasanya diletakkan di puncak gunung. RPU menggunakan 2 radio yang satu sebagai penerima, yang satu sebagai pemancar.
Sistem Kerja RPU
RPU menggunakan alat yang bernama COR. Alat ini berfungsi sebagai penggerak tombol PTT (Push to Talk). Dengan alat ini kita tidak perlu menekan tombol PTT saat ada sinyal masuk. Melainkan otomatis saat ada sinyal masuk. Jika ada sinyal masuk COR akan bekerja menghidupkan relay untuk menyalakan PTT. Untuk pembuatan COR anda bisa melihatnya di link berikut http://www.satriaelektro.com/2018/02/cara-membuat-cor-rpu-repeater-sensor.html

Selanjutnya anda harus menyiapkan 2 unit radio. Yang satu untuk Penerima yang satu untuk Pemancar. Di sini saya menggunakan 1 Unit radio Baofeng BF-888s untuk penerima dan 1 unit radio SPC SH10 karena selain murah kualitas juga bersaing dengan yang lainnya. Walaupun tak sembarang antena cocok dengan HT jenis ini. 

2 unit Radio
Di antara berbagai macam antena yang beredar di pasaran, antena dipole yang paling cocok untuk Radio ini. Atau antena yang elemennya tidak tersambung langsung dengan ground contohnya Diamond F23.

Dipole 1/2 lamda
Untuk rumus cara pembuatan antena anda bisa melihat di link berikut http://www.satriaelektro.com/2018/01/antena-dipole-dari-tongsis-tembus-luar.html

BERSAMBUNG...

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

8 Komentar:

  1. Sambungan nya mana mas satria ko ga ada itu cara buat rpu dari 2 ht bf dan spc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu update postingan pak. 😂 masih sibuk banyak orderan COR

      Hapus
  2. kalau membuat rpu sederhana dan menggunakan 1 antena bagaimana jadinya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gak bisa pak. Harus 2 antena agar tidak terjadi interferensi sinyal. Itupun kedua antena harus berjarak sekian meter agar radio RX tidak terganggu.

      Hapus
  3. maksudnya biar bisa 1 antena tanpa memakai duplexer atau simplex, apakah bisa?

    BalasHapus
  4. .malam mas, kebetulàñ Ada artikel ini. Saya juga Pasang bf 888s dan spc sh10 sebagai TXnya. Kalo boleh tau, apakah kedua pesàwat HT itu boleh diletakkan berdekatan? Lalu apakah antenna bawaan HT tsb bisa dipakai utk antenna luar? Posisi anteñà Rx harus lbh tinggi ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi. Kedua HT harus saling berjauhan agar meminimalisir interferensi. Antena bawaan tidak bisa dipakai untuk antena luar. Gunakan antena yang ada groundnya untuk antena luar

      Hapus