Kamera Shooting Memory Cuma 2,5jt? Ada!

Cara Membuat Audio Control Kamera Sangat Sederhana
» » » Cara Membuat COR RPU Repeater Sensor Cahaya Sederhana

RPU atau Radio Pancar Ulang atau Repeater berguna untuk memancarkan ulang sinyal radio yang terhalang oleh bukit, pepohonan, dan bangunan. Tanpa repeater jarak jangkauan perangkat radio kita tidak akan bisa jauh. Cara kerja RPU adalah menerima sinyal radio yang dipancarkan oleh radio A dan dipancarkan kembali melalui frekuensi yang berbeda sehingga terdengar di radio B yang jauh dari radio A.

Biasanya RPU diletakkan di daerah yang tidak terhalang pepohonan dan gedung gedung sehingga sinyal yang dipancarkan bisa loss. Biasanya diletakkan di puncak gunung. RPU menggunakan 2 radio yang satu sebagai penerima, yang satu sebagai pemancar.

Sebagai bagian dari RPU, COR adalah alat penggerak PTT (Push to Talk) otomatis sehingga radio pemancar bisa memancarkan sinyal tanpa kita menekan tombol PTT. Ada banyak jenis COR yang beredar di pasaran. Tapi kali ini saya akan membahas COR yang menggunakan sensor cahaya untuk menggerakkan PTT. Saya menggunaka LDR (LED Dependent Resistor) sebagai sensor cahaya yang diletakkan di indikator LED radio penerima. Ketika radio penerima menerima sinyal radio, sensor cahaya akan mendeteksi cahaya yang keluar dari LED indikator radio penerima yang biasanya berwarna hijau. Sensor akan membuka jalurnya dan otomatis PTT radio pemancar akan nyala.

Bahan bahan:

1. Transistor NPN 2N2222/TIP31/TIP41/TIP3055
2. Potensiometer 100 K
3. Relay 12 volt 4 atau 5 kaki terserah anda
4. LDR (LED Dependent Resistor) besar atau kecil sembarang
5. Dioda 1N4002/1N4001

6. Supply 12 volt 1 sampai 5 amper untuk menggerakkan relay Trafo/SMPS/Switching/Adaptor terserah

Selanjutnya perhatikan skema berikut

Layout PCB
Cara pasang
Skema konektor ke HT Baofeng & HT China yang lain. Menggunakan jack 2,5mm dan 3,5mm


Cukup sederhana tentunya. Anda bisa membuat PCBnya dengan aplikasi komputer/HP atau anda bisa langsung membuatnya dengan spidol permanen.

Masih bingung? Ingin memesan kit tersebut? Anda bisa menghubungi kami melalui Kontak.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar!

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

6 Komentar:

  1. hai... saya inigin bertanya untuk audio jack macam mana nak sambung ke pcb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jack diameter 2,5 mili meter & 3,5 mili meter

      Hapus
  2. Saufee ni geng malaysia jgk nih cara tulisan..rakan radio pancar ulang dari indonesia x kedekut ilmu..macam2 jenis cor @ carrier operated carrier depa ajaq..syabas untuk mudahkan geng radio malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang versi sensor suara. Jadi jika ada suara masuk ke cor akan otomatis menghidupkan PTT. Di atas adalah versi sensor cahaya. Jadi jika indikator receive radio penerima nyala maka secara otomatis akan menghidupkan PTT

      Hapus
  3. pemesnan berapa nomor wa

    BalasHapus